Abstrak


Pengaruh methocel® k15m sebagai retardant release terhadap tablet lepas lambat menggunakan sistem nanokomposit nifedipin - natrium montmorillonit-kitosan


Oleh :
Ratih Kharismawati - M.3512040 - Fak. MIPA

Nifedipin digunakan untuk pengobatan hipertensi yang termasuk dalam golongan calcium channel blocker degan waktu paruh 4 jam. Pengobatan hipertensi pada umumnya dalam jangka waktu yang lama. Formulasi nifedipin dalam bentuk sediaan lepas lambat dapat mempertahankan kadar obat pada konsentrasi terapetik dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Methocel® K15M dalam sediaan tablet lepas lambat menggunakan sistem nanokomposit nifedipin – natrium montmorillonit – kitosan.
Pembuatan tablet dengan metode kempa langsung menggunakan konsentrasi Methocel® K15M yang berbeda tiap formula yaitu 0%, 4%, 8%. Bobot tiap tablet 250 mg dengan kandungan nifedipin 20 mg. Setiap formula dilakukan uji kekerasan, uji berat jenis, uji swelling dan uji pelepasan obat dengan alat disolution tester. Uji disolusi dilakukan selama 6 jam dalam medium simulated gastric fluid dengan penambahan sodium lauryl sulfat 0,5% dengan kecepatan 100 rpm pada suhu 37±0,5°C. Data yang diperoleh dibandingkan dengan acuan standar dan dianalisa dengan statistik dengan ANOVA satu jalan dengan taraf kepercayaan 95%. Jika terdapat perbedaan bermakna dilanjutkan uji t-LSD atau Games – Howell.
Hasil menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi Methocel® K15M dapat menurunkan efek initial burst release dan menurunkan kecepatan pelepasan obat. Penambahan Methocel® K15M dengan konsentrasi 4% dan 8% menunjukkan hasil yang tidak berbeda bermakna. Kinetika pelepasan yang dominan mengikuti model Higuchi dan orde satu. Formula 1 memiliki mekanisme pelepasan tablet anomalous transport. Formula 2 dan formula 3 memiliki mekanisme yang tidak terklasifikasi.
Kata kunci : Nifedipin, nanokomposit, montmorillonit, kitosan, methocel, pelepasan obat