Abstrak


Komunikasi Negosiasi Pengusaha Muda (Studi deskriptif kualitatif Teknik-Teknik Negosiasi Pengusaha Muda dalam Mencapai Kesepakatan Kerjasama dengan Calon Mitra Usaha di Anggota HIPMI Surakarta)


Oleh :
Petrus Restanto Wibowo - D1212057 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Bisnis saat ini merupakan gaya hidup anak muda, dimana sekarang banyak anak muda yang menjalani dan mendalami bisnis. Hal ini terdorong karena adanya sebuah dasar yang dikatakan oleh pelaku bisnis yaitu “ sukses diusia muda, kenapa tidak ?’ hal ini mendorong penulis untuk meneliti para pengusaha muda yang tergabung didalam HIPMI ( Himpunan Pengusaha Muda Surakarta ), penulis akan mendalami bagaimana para pelaku usaha yang usianya tergolong muda melakukan teknik-teknik negosiasi dalam berbisnis agar dapat melakukan kerja sama dengan mitranya.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara dan sedangkan data pendukung diperoleh dari dokumen-dokumen serta data pendukung lainnya. Teknik analisa dilakukan secara deskriptif melalui proses pengumpulan data, penyajian data dan analisa data serta hasil wawancara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Snowball sampling.
Penulis dapat menyimpulkan bahwa, berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui temuan penelitian ini adalah cara-cara, teknik-teknik dan komunikasi negosiasi yang dilakukan oleh pengusaha muda dapat dilakukan dengan menggunakan teknik, Yaitu standart practice dan deadline. serta untuk strategi negosiasi dilakukan dengan menggunakan strategi win-lose, win – win Solutions, dan comprimized. Seluruh elemen yang penulis sebutkan dapat digunakan untuk pedoman wirausahawan muda, supaya mereka dapat menambah ilmu komunikasi negosiasi mereka.
Saran penulis adalah sebaiknya pengusaha muda yang tergabung di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Surakarta bisa menggunakan teknik – teknik dan strategi yang dikombinasikan sehingga dapat mengembangkan negosiasi yang dilakukan dengan berbagai pihak calon mitra usaha. Dan lebih memberikan pengarahan, seminar, dan mengajak serta memberikan pengolahan jiwa wirausaha sejak dini kepada para pemuda, agar menekan angka pengganguran yang terus meningkat saat ini.
Kata kunci: Komunikasi Negosiasi, Teknik Negosiasi
ABSTRACT
Business is kind of young people lifestyle, where almost entrepreneurs are the young people. It was motivated by principal of entrepreneur that said “Success in the younger age, why not?” It was motivate the writer to did some researches to the young entrepreneurs that joined in HIPMI, (Himpunan Pengusaha Muda Surakarta), the writer would deeply observed about how did the young entrepreneurs making negotiation techniques in the aim to get a good cooperation with business partner.
The research method that used is descriptive method using qualitative approach. Technique of collecting data has got from interviewing and supporting data has got from the documents and another data. The tehcnique of analysing data have been done by collected the data, data reduction, data analysis and the result of interviewing. Technique of collecting sample that used in this research is Purposive Sampling technique.
Based on the research, the writer can conclude that the ways, communication of negotiation strategic that doing by young entrepreneurs are Win-Lose (kalah menang), Win-win solution (sama menang), Comprimized (Kompromi). And also the techniques of negotiation are Standart of practice and Deadline. Those all can be the reference of another young entrepreneurs, So that they can increase their knowledge about their communication of negotiation.
The Suggestion from the writer, the young entrepreneurs who have an ability in bussines or has been joined in HIPMI Surakarta shall give their knowledges, held a seminar, invite and give sense of entrepreneur to the younger entrepreneurs. So, the level of jobless in Indonesia will be decreasing by those young entrepreneurs.
Keywords : Communication of Negotiation, technique of negotiation.