Abstrak


Otomotif play aplikasi display 3 dimensi sparepart mobil menggunakan kinect


Oleh :
Aissa Sabrina - M3112006 - Fak. MIPA

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan obyek virtual 3D ke dalam lingkungan nyata secara realtime. Augmented Reality sangat populer dan dapat diaplikasikan ke dalam berbagai bidang seperti teknologi,pendidikan, seni, dan pemasaran. Salah satunya dalam bidang pemasaran yaitu aplikasi interaktif sebagai solusi marketing untuk menarik pelanggan lebih banyak dengan menggunakan perangkat keras Kinect untuk menampilkan animasi sparepart secara 3D.
Identifikasi gerakan tubuh (motion capture) merupakan suatu cara yang digunakan agar tampilan pada Kinect dapat berinteraksi dengan dunia nyata. Dalam tugas akhir ini akan dibuat suatu aplikasi yang interaktif tentang sparepart mobil, sehingga pelanggan lebih tertarik untuk melihat apa yang ada didalam toko tersebut melalui aplikasi tersebut. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software antara lain yaitu Visual Studio untuk membuat augmented reality, Autodesk 3ds Max 2011 untuk pembuatan objek 3D produk sparepart.
Hasil dari penelitian ini adalah seperangkat Otomotif Play Aplikasi Display 3 Dimensi Sparepart Mobil Menggunakan Kinect dan Augmented Reality dan dapat disimpulkan bahwa dalam pembuatan aplikasi ini dengan majunya teknologi multimedia saat ini, ide untuk pemanfaatan kinect untuk media pemasaran dengan teknologi hands free, sehingga Kinect dapat dimanfaatkan untuk perangkat media promosi seperti aplikasi dengan efek-efek 3D, dengan perkembangan medianya, dengan kamera digital, promosi jadi lebih mudah dan lebih menarik. Membuat minat pelanggan lebih akan dapat ditarik dengan ketertarikan mereka terhadap teknlogi ini.
Kata Kunci : Augmented Reality, Kinect,Sparepart,3D, motion capture