;

Abstrak


Faktor Kondisi Fisik Dominan Penentu Keterampilan Bermain Sepakbola (Analisis Faktor Kondisi Fisik Dominan pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Sepakbola di Kota Surakarta)


Oleh :
Nurhidayat - A121308073 - Sekolah Pascasarjana

Latar belakang faktor kondisi fisik dominan penentu keterampilan bermain sepakbola, karena pada saat melakukan keterampilan bermain sepakbola ada komponen kondisi fisik yang dominan di dalamnya. Namun belum diketahui komponen kondisi fisik apa saja yang dominan dengan keterampilan bermain sepakbola. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : faktor kondisi fisik yang dominan penentu keterampilan bermain sepakbola.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rancangan analisis faktor konfirmatori. Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan dianalisa menggunakan Program Statistik Komputerisasi dengan sistem SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 11.5 dan menggunakan uji Kaiser-Meyer-Olkin and Bartlett’s Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa putra pembinaan prestasi sepakbola UNS dan UTP Surakarta yang berjumlah 163 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari mahasiswa putra pembinaan prestasi sepakbola UNS dan UTP Surakarta dengan jumlah 125 orang. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran.
Hasil penelitian yaitu faktor kondisi fisik dominan penentu keterampilan bermain sepakbola atau yang memiliki nilai komponen faktor = ¦0,5¦adalah : kelincahan dengan nilai komponen faktor sebesar 0.784, koordinasi mata kaki dengan nilai komponen faktor sebesar 0.720, kecepatan dengan nilai komponen faktor sebesar 0.697, keseimbangan dinamis dengan nilai komponen faktor sebesar 0.646, daya tahan dengan nilai komponen faktor sebesar 0.588, power otot tungkai dengan nilai komponen faktor sebesar 0.528. Faktor kondisi fisik yang kurang dominan penentu keterampilan bermain sepakbola adalah adalah kekuatan otot tungkai (0.380), fleksibilitas togok (0.410) dan waktu reaksi  (0.417)
Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut: faktor kondisi fisik dominan penentu keterampilan bermain sepakbola adalah kelincahan, koordinasi mata kaki, kecepatan, keseimbangan dinamis, daya tahan, dan power otot tungkai. Faktor kondisi fisik yang kurang dominan penentu keterampilan bermain sepakbola adalah kekuatan otot tungkai, fleksibilitas togok  dan waktu reaksi.
Kata Kunci : Kondisi Fisik, Keterampilan Bermain Sepakbola