Abstrak


Peranan badan pembinaan pendidikan pelaksanaan pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila (bp-7) dalam penerapan pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila (p-4) di kabupaten daerah tingkat ii Sukoharjo tahun 1980-1999


Oleh :
Vety Susilowati - C.0511033 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah pembentukan BP-7 di Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo, mendeskripsikan peranan BP-7 Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo dalam Penerapan P-4 di Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo pada tahun 1980-1999 dan untuk mengetahui kerjasama BP-7 Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo dengan instansi-instansi lain di Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo pada tahun 1980-1999.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dengan tahap Heuristik yaitu pengumpulan sumber berupa dokumen-dokumen yang sezaman dan studi pustaka serta dilengkapi dengan wawancara dengan narasumber yang relevan dengan penelitian ini. Tahap selanjutnya adalah Kritik Sumber yaitu membandingkan dan mengkritik sumber sejarah untuk mendapatkan otentisitas dan kredibilitas sumber. Kemudian Tahap Interpretasi/Penafsiran yaitu tahap menganalisa data untuk mendapatkan makna dan saling hubungan antara fakta yang satu dengan yang lainnya. Tahap yang terakhir adalah melaporkan hasil penelitian melalui penulisan sejarah atau Historiografi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah BP-7 Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo merupakan salah satu BP-7 daerah tingkat II di wilayah Provinsi Daerah Tingkat I Jawa Tengah. BP-7 Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo mempunyai tugas melaksanakan kebijakan Bupati Sukoharjo di bidang Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan P-4 dan Penyebarluasan P-4 di kalangan masyarakat Sukoharjo. Peranan BP-7 Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo yang mencakup tiga peran yaitu melakukan Pembinaan, Pengawasan dan Pengkoordinasian pelaksanaan penerapan P-4 di Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo. Peranan BP-7 Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo dalam penerapan P-4 di Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo dilaksanakan melalui program kerja yang realistis dan terarah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BP-7 Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo. Program kerja tersebut dilaksanakan melalui dua jalur pelaksanaan yaitu Penataran P-4 dan Non Penataran. Masyarakat Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo memberikan Respon positif dan negatif terhadap pelaksanaan Penerapan P-4 di Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo. BP-7 Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo mengadakan hubungan kerjasama dengan Instansi Pemerintah dan Instansi Swasta dalam Penerapan P-4 di Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo. Kegiatan Penerapan P-4 di Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo tidak dapat dilepaskan dari hambatan-hambatan yang berasal dari BP-7 Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo berupa hambatan teknis maupun hambatan yang berasal dari masyarakat Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo.
Kata Kunci : P-4, BP-7, Kabupaten Daerah Tingkat II Sukoharjo