Abstrak


Hubungan pengetahuan ibu hamil tentang program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (p4k) dengan perencanaan persalinan


Oleh :
Ayu Eka Liyani - R1114017 - Fak. Kedokteran

LatarBelakang. hasil Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, AKI di Indonesia mencapai 359/100.000 kelahiran hidup. Kematian ibu biasanya terkait oleh terlambat mengenai tanda bahaya dan mengambil keputusan, terlambat mencapai fasilitas kesehatan. Untuk menurunkan AKI salah satunya dengan adanya P4K yang dilakukan pemerintah.Untuk merencanakan persalinan yang baik seorang ibu hamil harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang kehamilan dan persalinan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyahubungan pengetahuan ibu hamil tentang P4K dengan perencanaan persalinan di wilayahkerjapuskesmasKratonankota Surakarta.
MetodePenelitian. Penelitianinimenggunakanjenispenelitian survey analitik, desainpenelitiancross sectional danteknik sampling total sampling.Subjekpenelitian 34 ibuhamildi wilayahKerjaPuskesmasKratonan Kota Surakarta.Alatukur yang digunakankuesioner pengetahuan ibu hamil tentang P4K danperencanaanpersalinandenganujistatistikSpearman.
Hasil.Penelitianinimenyebutkanhasilujistatistikdidapatkan p = 0,000dannilai rs = 0,743. Hal iniberartiadahubungan pengetahuan ibu hamil tentang program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) dengan perencanaan persalinan di wilayahkerjapuskesmasKratonankota Surakarta dengankeeratankuat.
Kesimpulan.Ada hubungan pengetahuan ibu hamil tentang P4K dengan perencanaan persalinan di wilayah kerja puskesmas Kratonan kota Surakarta.
Kata Kunci : Pengetahuanibuhamil, P4K, perencanaanpersalinan