Abstrak


Pengaruh konsumsi hati ayam terhadap kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester ii di puskesmas Ngoresan


Oleh :
Rona Luthfi Fauziyyah - R1114103 - Fak. Kedokteran

Latar belakang: Anemia menjadi masalah gangguan gizi yang paling sering terjadi pada ibu hamil karena tidak terpenuhinya kebutuhan zat besi yang bertambah seiring dengan adanya peningkatan kebutuhan gizi selama kehamilan. Hati ayam menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat sebagai sumber protein hewani yang mudah dijumpai dan kaya akan zat besi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konsumsi hati ayam terhadap kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester II.
Metode: Penelitian ini menggunakan quasi experiment design dengan rancangan non equivalent control group. Teknik sampling menggunakan total sampling dengan 26 responden yang dibagi secara non random menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, masing-masing kelompok terdiri dari 13 responden. Penelitian dilakukan dengan mengukur kadar hemoglobin responden pra dan pasca intervensi, pemberian intervensi berupa konsumsi hati ayam dan tablet besi pada kelompok eksperimen, dan hanya konsumsi tablet besi pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, timbangan bahan makanan digital, dan hemoglobinometer digital. Uji statistik yang digunakan adalah t-test independent.
Hasil: Peningkatan rata-rata kadar hemoglobin pada kelompok kontrol sebesar 0,01 gr/dl, sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 2,28 gr/dl. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai p (0.00) < a (0.05).
Simpulan: Ada pengaruh konsumsi hati ayam terhadap kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester II.
Kata kunci: hati ayam, kadar hemoglobin, ibu hamil trimester II