Abstrak


Hubungan kesiapan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah kdk ii di prodi diii kebidanan stikes mitra husada Karanganyar


Oleh :
Sulistiyaning Utami - R1114116 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang. Keberhasilan belajar mahasiswa sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Keberhasilan pembelajaran mahasiswa berkaitan dengan kesiapan mengajar dosen. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan kesiapan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa.
Metode. Observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di STIKES Mitra Husada Karanganyar Prodi DIII Kebidanan. Pengambilan data secara total sampling sebanyak 52 mahasiswa. Analisis data menggunakan uji Kendall’s Tau, dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil. Kesiapan mengajar dosen baik, prestasi belajar 33,33% baik. Hasil analisis menunjukkan nilai r=0.038 dan p=0.735 yaitu tidak ada hubungan antara kesiapan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah KDK II.
Simpulan. Tidak ada hubungan antara kesiapan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah KDK II di Prodi DIII Kebidanan STIKES Mitra Husada Karanganyar.
Kata Kunci. Kesiapan Mengajar, Prestasi Belajar, KDK II.