Abstrak


Analisis kualitas pelayanan the sunan hotel solo pada kepuasan pelanggan


Oleh :
Sintha Marsha Dhipika - F3512083 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini dilakukan pada The Sunan Hotel Solo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan yang dilihati dari lima variabel dimensi karakteristik kualitas pelayanan yaitu:Kehandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance), Empathy (empati), Bukti langsung (tangibles) terhadap kepuasan pelanggan yang menggunakan jasa dalam penyelenggaran MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di The Sunan Hotel Solo. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif.Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode non probability sampling, selain itu juga dilakukan pengambilan sampel secara Convenience sampling.Metode penelitian yang digunakan untuk meneliti adalah metode survey yang mengumpulkan dan memperoleh data secara langsung melalui kuesioner yang diberikan kepada responden.Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menyelenggarakan event dan konsumen yang mendatangi event yang berjumlah 2700 pengunjung selama 2 bulan. Besar sample dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 responden .
Hasil penelitian menunjukan bahwa The Sunan Hotel Solo berkategori Baik. Dapat dijelaskan dari mayoritas pelanggan/konsumen The Sunan Hotel Solo Puas dan memandang Baik dengan pelayanan yang diberikan dari 5 dimensi yang telah dijabarkan.
Berdasarkan pembahasan dansimpulan penelitian yang telah dikemukakan, terdapat beberapa saran bagi perusahaan antara lain : (1) Untukmeningkatkan Fasilitas – fasilitas yang dapat menunjang kepuasan konsumen. (2) Perlu mendapatkan dukungan dari manajemen tingkat atasberupa peralatan dan pelatihan dalam meningkatkan ketrampilan para karyawan. (3) Meningkatkan kualitas sumber dayamanusia pada karyawan.
Kata Kunci: kualitas layanan dan kepuasan pelanggan