Abstrak


Kinerja Keterlibatan Masyarakat dalam Sarana Prasarana Pariwisata Menurut Community Based Tourism pada Desa Wisata Berjo Ngargoyoso


Oleh :
Arvia Ari Sugesti - I0610006 - Fak. Teknik

ABSTRAK
Pariwisata merupakan salah satu  ilmu khusus yang penting untuk dipelajari karena berpengaruh dalam baik buruknya perkembangan suatu wilayah. Pada saat ini pegembangan pariwisata banyak yang difokuskan pada pariwisata pedesaan, dimana banyak isu terkait tentang community based tourism atau pariwisata berbasis masyarakat. Di dalam community based torism terdapat banyak aspek yang dijadikan tolok ukur, salah satunya terkait keterlibatan masyarakat dalam pariwisata tersebut. Keterlibatan masyarakat di Desa Wisata Berjo sendiri dapat dilihat dari sektor usaha jasa wisata, dimana usaha jasa wisata tersebut merupakan sarana prasarana pariwisata yang dijalankan oleh penduduk lokalnya. Di desa tersebut penduduk lokal turut serta menjadi pelaku usaha jasa wisata dan aktif dalam suatu komunitas  wisata.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nilai dari kinerja mengenai keterlibatan masyarakat dalam sarana prasarana pariwisata berbasis masyarakat di Desa Wisata Berjo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keterlibatan masyarakat dalam sarana prasarana pariwisata  berbasis masyaraat tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi. Hal ini digambarkan dengan banyaknya pelaku usaha jasa sarana prasarana wisata yang merupakan penduduk lokal dan keaktifan mereka dalam suatu komunitas. Sehingga dari hal-hal tersebut dapat dibuktikan bahwa pariwisata di Desa Wisata Berjo telah sesuai dengan prinsip community based tourism.
Kata Kunci: Pariwisata Pedesaan, Pariwisata Berbasis Masyarakat, Sarana Prasarana Pariwisata
ABSTRACT
Tourism is one of the specialized knowledge that is important to learn the good and bad because it affects the development of a region. At this time a lot of tourism development focused on rural tourism, where many related issues of community based tourism. In community based tourism there are many aspects of the benchmarks, one of which related to community involvement in the tourism. Community involvement in the Tourist Village Berjo itself can be seen from tourist services sector, where business travel services is a tourism infrastructure facilities run by local residents. In the village of local residents participating businesses become tourist services and is active in a tourist community.
This study aimed to obtain a clear picture of the performance and the value of community involvement in community-based tourism infrastructure in the Tourism Village Berjo. Results from this study indicate that the performance of community involvement in infrastructure community based tourism has a very high value. This is illustrated by the many businesses tourist infrastructure services which are local residents and their liveliness in a community. So from these things can be proved that tourism at the Tourism Village Berjo in accordance with the principles of community based tourism.
Keywords:Ruraltourism, CommunityBasedTourism, InfrastructureTourism