Abstrak


Pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan tentang hiv dan aids pada remaja di sman 3 Surakarta


Oleh :
Viniezha Rachma Zikriyah - R1114130 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Proporsi jumlah remaja yang memiliki pengetahuan komprehensif mengenai HIV dan AIDS menunjukkan hasil yang rendah di bawah 20%. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 3 Surakarta, didapatkan 50% siswa belum mengetahui tentang HIV dan AIDS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan tentang HIV dan AIDS pada remaja di SMAN 3 Surakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Non Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMAN 3 Surakarta. Cara pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik sampel proportional random sampling, kelompok eksperimen 91 orang dan kontrol 91 orang. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan Wilcoxon.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan hasil pretest didapatkan sebagian besar memiliki pengetahuan cukup pada kelompok eksperimen (74,7%) dan kontrol (59,3%). Sedangkan hasil posttest didapatkan sebagian besar berpengetahuan baik pada kelompok ekperimen (71,4%) dan pengetahuan cukup pada kelompok kontrol (51,6%). Nilai signifikansi sebesar 0,000.
Simpulan: Terdapat pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan tentang HIV dan AIDS pada remaja.
Kata Kunci: Penyuluhan, Pengetahuan, HIV dan AIDS