;

Abstrak


Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Kasus Siswa Kelas VII MTSN Jetis Ponorogo)


Oleh :
Mohamad Daroini - S811202022 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penyusunan RPP pada pembelajaran TIK dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo; (2) Untuk mengetahui proses penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran TIK pada siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo; (3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai para siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo dalam pembelajaran TIK dengan menggunkan pendekatan CTL; (4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran TIK pada siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakana pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari beberapa sumber, yakni: aktivitas pembelajaran, informan, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan dan analisis dokumen. Uji keterpercayaan menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi, baik triangulasi sumber ganda dan triangulasi metode ganda. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses penyusunan RPP pada pembelajaran TIK di MTsN Jetis Ponorogo dengan menggunakan pendekatan CTL telah disusun dan dikembangkan sejalan  dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standart nasional  pendidikan; (2) proses penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran TIK pada siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo dilaksanakan dengan cara dibagi dalam tiga tahapan yakni: (a) tahap persiapan, (b) tahap pelaksanaan, (c) tahap penutup, dimana ketiga tahapan tersbut dilaksanakan sesuai dengan tujuh asas pendekatan CTL; (3) Terdapat beberapa factor pendukung dang penghambat penerapan CTL dalam pembelajaran TIK, untuk faktor pendukung diantaranya: (a) Kesiapan guru dalam menyampaikan materi, (b) Lingkungan madrasah yang aman dan nyaman, (c) Sarana dan prasarana praktikum yang memadai, (d) Adanya peraturan madrasah yang mengikat. Sedangkan factor penghambat diantaranya: (a) Kurangnya variasi dalam mengajar, (b) Jumlah siswa dan keheterogenanya, (c) Kurangnya pendampingan dan supervisi dari kepala madrasah, (d) lingkungan madrasah yang cenderung lebih condong atau familiar dengan metode ceramah dalam proses kegiatan belajar mengajar; (4) Implementasi pendekatan CTL pada mata pelajaran TIK pada siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo berdampak positif terhadap nilai (Hasil) yang diperoleh oleh peserta didik.
Kata Kunci: Implementasi pendekatan CTL, Pembelajaran TIK