Abstrak


Studi Pelaksanaan Ekstrakurikuler Bolavoli Pada SMP Negeri Penyelenggara Ekstrakurikuler Bolavoli Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015 (Penelitian Survei Tentang Manajemen Pelatihan, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana)


Oleh :
Zaid Ridho Riyono - K5611081 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kelayakan sarana dan prasarana,(2) Pelaksanaan  manajemen sumber daya manusia, (3) Pelaksanaan manajemen pelatihanekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri di Kabupaten Karangayar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei. Teknik sampling menggunakan teknik total sampling. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di 5 sekolah yang masih melanjutkan ekstrakurikuler bolavoli antara bulan Mei-Juni yang berjumlah 25 guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Uji prasyarat instrumen yang digunakan adalahuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji persentase untuk mengetahui seberapa besar jawaban pada setiap soal.
Berdasarkan hasil penelitian : Hasil penilaian guru dan siswa diperoleh persentase sebagai berikut: 1)Kelayakansarana dan prasarana mencapai nilai 813 atau persentase 90,33%, 2)Pelaksanaan manajemen sumber daya manusia mencapai nilai 818 atau persentase 77,90%, 3)Pelaksanaan manajemen pelatihanmencapainilai 1788 atau persentase 91,69%.
Simpulan yang diperolehdaripenelitianiniadalah 1) Kelayakan sarana dan prasarana mencapai nilai 813 atau persentase 90,33% yang berarti kelayakan sarana dan prasarana sudah tergolong sangat baik,perolehan nilai terkecil berhubungan dengan lapangan indoor, 2) Pelaksanaan manajemen sumber daya manusia mencapai nilai 818 atau persentase 77,90%yang berarti pelaksanaan manajemen SDMsudah tergolong baik,perolehan nilai terkecil berhubungan dengan persyaratan menjadi anggota ekstrakurikuler bolavoli, keketatan seleksi, pembagian tugas, kehadiran pembina, dan peningkatan jumlah anggota mencapai,3) Pelaksanaan manajemen pelatihan mencapai nilai 1788 atau persentase 91,69% yang berarti pelaksanaan manajemen pelatihan sudah tergolong sangat baik, perolehan nilai  terkecil berhubungan dengan program latihan tertulis, latihan fisik, dan faktor cuaca.
Kata Kunci:Manajemen Pelatihan, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prsarana