Abstrak


Penggunaan model concept sentence dengan multimedia dalam peningkatan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas iv sdn 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Alvian Putranto - K7111008 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model concept sentence dengan multimedia dalam peningkatan keterampilan menulis karangan; (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan dengan menggunakan model Concept Sentende dengan multimedia ; (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi dari penggunaan model concept sentence dengan multimedia dalam peningkatan keterampilan menulis karangan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwogondo yang berjumlah jumlah 35 siswa. Data berasal dari siswa, guru, teman sejawat, peneliti, dan dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model concept sentence dengan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah berikut: (a) penyampaian kompetensi dengan multimedia; (b) menyajikan materi pembelajaran dengan multimedia; (c) membentuk kelompok yang anggotanya kurang lebih 4 orang secara heterogen; (d) menyajikan kata kunci sesuai materi dengan multimedia; (e) setiap kelompok diminta membuat beberapa kalimat menggunakan minimal 4 kata kunci; (f) hasil diskusi kelompok didiksuiskan secara pleno; (g) siswa dibantu guru membuat kesimpulan dengan multimedia; (2) penggunaan model concept sentence dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan. Hasil observasi terhadap guru pada siklus I 75,89%, siklus II 85,92%, dan siklus III 92,42%. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I 72,86%, siklus II 82,85%, dan siklus III 91,43%; (3) kendala yang muncul antara lain guru tidak maksimal menggunakan multimedia, siswa kurang antusias, guru belum menguasai model, multimedia, kata kunci belum jelas, siswa kurang berani mempresentasikan hasil, guru belum mampu memandu diskusi, siswa kurang memahami kata kunci. Solusi yang diambil yaitu sharing mengenai manfaat multimedia , guru memberikan pengarahan dan motivasi pada siswa, sharing dengan guru mengenai langkah-langkah model dan diskusi yang diharapkan, guru memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model concept sentence dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Concept Sentence, Multimedia, Keterampilan Menulis