Abstrak


Penggunaan alat pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa kelas x rpl b smk negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Faishal Rifky - K4611039 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli dengan penggunaan alat pembelajaran pada siswa kelas X RPL B SMK Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas X RPL B SMK Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 28 siswa, putra dan 2 siswa putri, Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan Kelas ini menggunakan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis menunjukan bahwa melalui penggunaan alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja dari studi awal, dari 30 siswa yang awalnya siswa mendapatkan ketuntasan 8 siswa 26,67% dan belum tuntas 22 siswa 73,33%. Pada nilai psikomotor dan kognitif siklus I, siswa yang mencapai kriteria tuntas yaitu 53,33% dan 56,67%, untuk nilai afektif siswa pada siklus I yang mencapai kriteria tuntas yaitu sebesar 70,00%. Pada siklus I, hasil belajar servis bawah bolavoli siswa mencapai 50,00% atau sebanyak 15 siswa dari 30 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada nilai psikomotor dan kognitif, siswa yang telah mencapai kriteria tuntas meningkat dari siklus I menjadi 83,33% dan 83,33%, pada nilai afektif juga terjadi peningkatan dari siklus I menjadi sebesar 86,67% dengan KKM untuk KI 1 & KI 2 yaitu 3,00 dan KI 3 & KI 4 yaitu 2,66. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat mencapai 80,00% atau sebanyak 24 siswa dari 30 siswa telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 6 siswa lainnya belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penggunaan alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa kelas X RPL B SMK Negeri 5 Surakarta tahun Ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Servis atas Bolavoli, Alat pembelajaran.