Abstrak


Penerapan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual dalam peningkatan pembelajaran tema pendidikan di kelas iii sdn 1 purwogondo tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Fajar Nurhidayat - K7111064 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual dalam peningkatan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015, (2) meningkatkan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual dalam peningkatan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo Tahun Ajaran 2014/ 2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan selama dua pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015 jika dilaksanakan menggunakan langkah yang tepat, yaitu: (a) perencanaan (menyusun RPP); (b) pelaksanaan (menyampaikan materi dengan menggunakan media visual); (c) kegiatan akhir (guru melaksanakan kegiatan akhir yang bermakna dan memberi soal evaluasi), (2) penerapan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pembelajaran di setiap siklusnya. Persentase kelulusan hasil belajar siswa siklus I yaitu 58,61%, siklus II yaitu 77,28%, dan siklus III yaitu 90,28%, (3) kendala utama dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual adalah guru masih terlalu fokus pada proses pelaksanaan model pembelajaran tematik (webbed) saja. Solusi untuk mengatasi kendala ini adalah mengorientasikan kegiatan pembelajaran untuk mencapai hasil dan proses belajar yang maksimal dan bukan hanya terfokus pada kegiatan pembelajarannya saja.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: tematik, media visual, tema pendidikan