Abstrak


Informasi interaktif ruang pamer 2 di museum purbakala sangiran menggunakan android augmented reality


Oleh :
Hana Septi Ariani - M.3112066 - Fak. MIPA

Museum Purbakala Sangiran telah ditetapkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO. Sangat disayangkan, penyajian informasi kurang menarik karena disajikan dengan teks yang panjang, maka banyak pengunjung yang hanya melihat sekilas. Terutama di Ruang Pamer 2 banyak sekali informasi penting yang amat sayang untuk dilewatkan. Pembuatan aplikasi informasi interaktif untuk ruang pamer 2 menggunakan teknologi augmented reality yang dapat diakses lewat smartphone android dapat memberikan inovasi bagi para pengunjung.
Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, perancangan aplikasi, implementasi menggunakan Unity dan Vuforia, dan pengujian. Pengumpulan data untuk konten dilakukan dengan studi literatur dan wawancara.
Dalam implementasinya, aplikasi ini dapat berjalan pada platform android. Dengan menggunakan image target, ketika pengunjung mengarahkan kamera smartphone yang telah di install aplikasi Augmented reality Sangiran pengunjung dapat mendapatkan informasi tambahan atau informasi pendukung dengan unsur multimedia seperti audio, teks, video dan objek 3D.
Kata Kunci : Ruang Pamer 2, Sangiran, Augmented reality, Android, Mobile.