Abstrak


Penerapan metode group investigation dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran ipa tentang pesawat sederhana pada siswa kelas v sdn 3 Dorowati tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Umi Muslikhatun - K7111218 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah metode Group Investigation dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 3 Dorowati tahun ajaran 2014/2015, (2) meningkatkan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana melalui metode Group Investigation dengan media konkret, (3) mengidentifikasi adanya kendala dan solusi dari penerapan metode Group Investigation dengan media konkret.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dan dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Dorowati tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) proses penerapan metode Group Investigation dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 3 Dorowati tahun ajaran 2014/2015 yaitu (a) guru menjelaskan materi dengan media konkret, (b) siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, (c) seleksi topik permasalahan, (d) perencanaan penelitian, (e) pelaksanaan penelitian, (f) analisis dan sintesis, (g) presentasi hasil penelitian, (h) evaluasi, (2) penerapan metode Group Investigation dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA dengan persentase ketuntasan pada siklus I adalah 72,50%, siklus II adalah 82,50%, siklus III adalah 92,50%, dan (3) kendala pelaksanaan yaitu siswa gaduh saat mengikuti pembelajaran. Adapun solusinya yaitu mengarahkan siswa untuk memperhatikan penjelasan guru selama pembelajaran berlangsung.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode Group Investigation dengan media konkret dilaksankan melalui delapan tahap. Apabila kedelapan tahapan dilaksanakan dengan tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 3 Dorowati tahun ajaran 2014/2015. Adapun kendala dalam penerapan metode Group Investigation dengan media konkret adalah siswa gaduh saat mengikuti pembelajaran, dan solusinya yaitu mengarahkan siswa untuk memperhatikan penjelasan guru selama pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Group Investigation, media konkret, pembelajaran, IPA, pesawat sederhana