Abstrak


Analisis isi buku ajar bahasa indonesia wahana pengetahuan untuk smp/mts kelas viii


Oleh :
Wulandayani Ngujer Basuki - K1211075 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis buku ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah kelas VIII yang meliputi: (1) deskripsi struktur fisik buku ajar; (2) deskripsi kesesuaian uraian materi dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013; (3) deskripsi keakuratan materi; (4) deskripsi kelengkapan materi pendukung pembelajaran; dan (5) deskripsi kualitas buku ajar.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan sumber data utama berupa buku ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs kelas VIII. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi teoretis. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (a) buku ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs kelas VIII secara keseluruhan memiliki bagian-bagian yang harus ada pada buku ajar berdasarkan teori yang dijabarkan Sitepu (2012) serta Arifin dan Kusrianto (2009); (b) kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD mendapatkan persentase nilai 72,5% yang berarti buku ajar ini termasuk dalam kategori layak; (c) keakuratan materi mendapatkan persentase nilai 93%. yang berarti buku ajar ini termasuk dalam kategori sangat layak; (d) kelengkapan materi pendukung pembelajaran mendapatkan persentase nilai 91%. yang berarti buku ajar ini termasuk dalam kategori sangat layak; dan (e) buku ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs kelas VIII mempunyai kualitas baik berdasarkan teori yang dijabarkan oleh Tarigan, J. dan Tarigan, H.G. (1993).
Kata Kunci: analisis isi, buku ajar, bahasa Indonesia kelas VIII, Kurikulum 2013