Abstrak


Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui program tempat pengolahan sampah terpadu(tps t) 3r(reduce,reuse,recycle) (Masyarakat Dusun Nglinggo, Desa Buran, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar)


Oleh :
Choirun Nisa - D.0311015 - Fak. ISIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui program TPS-T 3R di Dusun Nglinggo, Desa Buran, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Serta bagaimana perubahan perilaku masyarakat dalam proses pengelolaan sampah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Studi kasus dipilih karena merupakan suatu model yang bersifat kompeherensif, intens, terperinci dan mendalam serta lebih diarahkan sebagai upaya untuk menelaah maslah-masalah atau fenomena yang bersifat kontemporer (terbatas waktu). Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Maksud dari peneliti menggunakan teknik tersebut adalah sampel yang ditarik tersebut dengan maksud dan tujuan penelitian. Dalam penelitian ini informan yang diambil adalah dari pihak PNPM, BKM, PKK, Tokoh Masyarakat, Kelompok Pengelola Sampah, Pemerintah Desa serta dari Partisipan.
Hasil penelitian ini dikatakan bahwa partisipasi masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah sudah pada tahapan yang tinggi, yaitu masyarakat terlibat dalam melakukan prencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan monitoring program. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaannya adalah, masyarakat melakukan pengelolaan sampah dengan cara memilah sampah dan mengelola sampah.
Adapun partisipasi masyarakat tersebut merupakan kerja keras dari BKM dalam tahapan penyadaran masyarakat pada saat awal adanya program. Fungsi BKM disini adalah sebagai pendamping dari masyarakat, serta merupakan hasil dari program PNPM sebagai penyedia dana dalam pelaksanaan program.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pertukaran antara masyarakat dan PNPM dalam pelaksanaan program TPS-T ini, sehingga terdapat keuntungan yang didapatkan oleh keduanya. sehingga dapat terwujudnya partisipasi masyarakat untuk merubah perilaku dalam pengelolaan sampah, serta linngkungan yang bersih dapat terwujud.
Kata kunci : partisipasi, masyarakat, pengelolaan sampah, program TPS-T 3R