Abstrak


Peningkatan pemahaman konsep sumpah pemuda melalui model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle pada siswa kelas v sd negeri nguter 01 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
I’if Zuraifah - K7111099 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep Sumpah Pemuda pada siswa kelas V SD Negeri Nguter 01 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015 melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru serta 31 siswa kelas V SD Negeri Nguter 01, Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle dapat meningkatkan pemahaman konsep Sumpah Pemuda pada siswa kelas V SD Negeri Nguter 01 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pemahaman konsep Sumpah Pemuda siswa pada setiap siklus yaitu nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pratindakan adalah 52,26 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 25,56%, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73,23 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70,97%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 77,90 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,10%. Simpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Kooperaif tipe Inside Outside Circle meningkatkan pemahaman konsep Sumpah Pemuda pada siswa kelas V SD Negeri Nguter 01 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Pemahaman Konsep Sumpah Pemuda, Inside Outside Circle.