Abstrak


Prosedur pemberian kredit umum dan penyelesaian kredit macet pada pd. bkk pasar kliwon Surakarta


Oleh :
Aristiar Ibrahim - F3312022 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Pemberian kredit kepada masyarakat merupakan produk dari PD. BKK Pasar Kliwon Surakarta. PD. BKK Pasar Kliwon merupakan bank pekreditan rakyat yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Surakarta sebagai salah satu lembaga keuangan bank milik daerah. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui Prosedur Pemberian Kredit yang ada di PD. BKK Pasar Kliwon Surakarta.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, proses untuk pengajuan kredit pada PD BKK Pasar Kliwon yaitu calon debitur harus mentaati ketentuan umum kredit, menyerahkan syarat-syarat pengajuan kredit, serta data-data berdasarkan peraturan yang telah dibuat oleh PD BKK Pasar Kliwon.
Hasil dari penelitian ini, penulis memberikan beberapa rekomendasi untuk PD. BKK Pasar Kliwon Surakarta yaitu dalam pemberian kredit yang dilakukan PD BKK Pasar Kliwon harus sesuai prosedur yang telah ditentukan dengan analisa yang teliti sehingga kemungkinan kredit macet dapat diminimalisir serta petugas kantor pos pada pasar PD BKK Pasar Kliwon harus lebih ketat dalam mengawasi kredit yang disalurkan pada nasabah, supaya tidak terjadi tunggakan merah atau kredit macet.
Kata kunci: Prosedur pemberian kredit, Penyelesaian Kredit macet pada PD. BKK Pasar Kliwon