Abstrak


Peranan Hipmi dalam Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia di Bidang Kewirausahaan untuk Menciptakan Lapangan Kerja di Surakarta


Oleh :
Daniel Marsellino H - D0310068 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Penelitian ini mengambil lokasi di Kota Surakarta pada sebuah Organisasi Pengusaha. Organisasi Pengusaha yang menjadi objek penelitian adalah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Cabang Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Hipmi dalam pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia Di Bidang Kewirausahaan Untuk Menciptakan lapangan kerja di surakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa saja yang sudah dan akan dilakukan Himpi dalam usaha pengembangan lapangan kerja di Surakarta
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran yang dikemukakan oleh Peter L. Berger. Dalam peranannya Hipmi bertindak sebagai aktor dalam pengembangan lapangan kerja di Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, data diambil dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi sumber, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan teknik reduksi.
Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa Kondisi Kota Surakarta yang memiliki banyak pengangguran adalah situasi dan kondisi lingkungan eksternal yang dimiliki Hipmi Surakarta. Hipmi sadar akan kondisi tersebut dan melakukan tindakan sebagai respon terhadap kondisi tersebut. Tindakan itu adalah Peranan Hipmi dalam pengembangan lapangan kerja di Surakarta di wujudkan ke dalam bentuk kegiatan – kegiatan. Hipmi dalam Kegiatan yang bersifat langsung memiliki peranan untuk Memberikan Pelatihan Sumber Daya Manusia di Bidang Kewirausahaan, Memberikan Wawasan Tentang Kewirausahaan dan Semangat Wirausaha, Memberikan Pendidikan Kewirausahaan serta Memberikan Jaringan Akses ke Lembaga Pemberi Modal Pinjaman. Hipmi dalam Kegiatan yang bersifat tidak langsung memiliki peranan untuk Memberi Wadah Tempat Bertemunya Para Pengusaha Di Surakarta dan Memberikan wawasan kewirausahaan dengan bekerja sama dengan organisasi pengusaha lain. Jenis Kegiatan Individu yang dilakukan oleh tiap anggota Hipmi adalah Menjadi Pembicara di Seminar, peranannya adalah Memberikan Wawasan Tentang Kewirausahaan dan Semangat Kewirausahaan. Kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Hipmi adalah Business Class, Kampung Binaan, Seminar Kewirausahaan di Sekolah dan Kampus, Siaran Kewirausahaan di Radio PTPN, Hipmi Perguruan Tinggi, Job Fair. Kegiatan yang dilakukan secara insidental oleh Hipmi adalah Seminar Kewirausahaan Yang Bekerja Sama Dengan Lembaga atau Asosiasi Lain. Tujuan dari kegiatan – kegiatan yang dilakukan Hipmi adalah agar masyarakat yang belum memiliki pekerjaan memiliki kemampuan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Hipmi melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap setiap kegiatan yang sudah dilakukan dalam pengembangan lapangan kerja di Surakarta. Hipmi juga memiliki prinsip kekeluargaan serta memiliki nilai dan norma yang harus dipatuhi dan berlaku pada setiap kegiatannya agar setiap kegiatan berlangsung baik.
Kata Kunci: Peranan, Organisasi Pengusaha, Pengembangan Lapangan Kerja
ABSTRACT
This research took place in Surakarta City on an organization of entrepreneurs. Organization of entrepreneurs who became the object of study is accociation of young entrepreneurs Indonesia Surakarta Branch.
This research aims to determine the role of Hipmi in the development of employment in Surakarta. This research also aimed to find out what has done and what will be carried out by Hipmi in an attempt employment development in Surakarta
The theory that used in this research is the theory of role proposed by Peter L. Berger. Hipmi acting in its role as an actor in the development of employment in Surakarta. This type of research is descriptive qualitative, the data was collected with indepth interviews technique, observation and documentation. Samples were taken by using purposive sampling technique. To ensure the validity of data, this research used triangulation of sources, while data analysis technique is the analysis of qualitative data with reduction techniques.
From the research results can be explained that the condition of Surakarta who has a lot of unemployment is the situation and condition of the external environment which are owned by Hipmi Surakarta. Hipmi aware of these conditions and take action in response to these conditions. It is the role of Hipmi action in the development of employment in Surakarta embodied in the form of activities. Hipmi in direct activities has many role: to Provide Training Human Resources in the Field of Entrepreneurship, Provides Insights About Entrepreneurship and Entrepreneurial Spirit, Give Entrepreneurship Education and Providing Network Access to Loan Capital Institute giver. Hipmi in activities that are not directly has role to Provide Points Meets Place of The Entrepreneur In Surakarta and provide insight into entrepreneurship by working with other employers' organizations. Individual types of activities performed by each member Hipmi is to become Speaker in the Seminar, its role is Provides Insights About Entrepreneurship and Entrepreneurial Spirit. Routine activities carried out by Hipmi are Business Class, Kampung Patronage, Entrepreneurship Seminar on School and Campus, Entrepreneurship broadcast on Radio PTPN, Hipmi University, Job Fair. Insidental Activities carried out by Hipmi is Entrepreneurship Seminar Work Together With Other Institutions or Associations. The purpose of the activities carried by Hipmi is that people who do not yet have a job have the ability to create their own jobs to make ends meet. Hipmi evaluation and improvements to any activities that have been undertaken in the development of employment in Surakarta. Hipmi also has a kinship principles and values and norms that have to be adhered to and apply to any activity that takes place every activity either.
Keywords: Role, Organization of Employers, Employment Development