Abstrak


Peningkatan Kemampuan Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning) Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pernapasan Manusia


Oleh :
Edhita Putri Daryanti - K4311028 - Fak. KIP

ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah (scientific reasoning) dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Colomadu dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi sistem pernapasan manusia.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan meliputi; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Colomadu tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 orang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kajian dokumen serta tes kemampuan penalaran ilmiah (scientific reasoning) menggunakan metode AACU (2010) dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pemeriksaan validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penalaran ilmiah siswa meningkat dari Prasiklus, Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Aspek argumentasi ditandai jumlah siswa kategori benchmark dari 68% menjadi 5% sedangkan cupstone meningkat sebesar 34%. Aspek pengetahuan ditandai jumlah siswa kategori benchmark dari 34% menjadi 0% sedangkan cupstone meningkat sebesar 29%. Aspek metodologi ditandai jumlah siswa kategori benchmark dari 68% menjadi 0% sedangkan cupstone meningkat sebesar 74%. Aspek analisis ditandai jumlah siswa kategori benchmark dari 58% menjadi 3% cupstone meningkat sebesar 8%. Aspek kesimpulan ditandai jumlah siswa kategori benchmark dari 48% menjadi 5% sedangkan cupstone meningkat sebesar 26%. Kesimpulan dari penelitian bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas XI IPA 2 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Penalaran Ilmiah, Pernapasan Manusia