Abstrak


Peran pondok pesantren mamba’ul hikmah di kecamatan selogiri, Kabupaten Wonogiri tahun 1994-2012 terhadap bidang pendidikan


Oleh :
Anang Setyo Wibowo - C0508010 - Fak. Ilmu Budaya

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah di Kecamatan Selogiri, peranan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah terhadap masyarakat Kecamatan Selogiri tahun 1994-2012.dan dampak berdirinya Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah terhadap masyarakat di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, tahun 1994-2012 Sejalan dengan tujuan penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis yang mencakup empat langkah, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah didirikan oleh Ustadz Abdul Aziz. Bermula dari diwakafkannya sebidang tanah seluas 113 m2 oleh Bapak H. Sukirno pada tahun 1994. Latar belakang Ustadz Abdul Aziz mendirikan pondok pesantren ini adalah untuk menaungi aktivitas dakwahnya, pondok pesantren yang diberi nama Mamba’ul Hikmah yang berarti “Sumber Kebijakan”, pada 20 Rabi’ul Awal 1415 H atau pada tanggal 27 Agustus 1994. Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah pada saat berdiri tahun 1994 sudah mulai mengembangkan pendidikan di wilayah Kecamatan Selogiri, hal itu dibuktikan dengan kiprah Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah dalam mendirikan sekolah-sekolah yang mengacu pada kurikulum Departemen Agama maupun Departemen Pendidikan Nasional di Kecamatan Selogiri, seperti; Raudhatul Athfal (RA) pada tahun 1994, Kelompok Bimbingan Haji (KBIH) pada tahun 2000, SMP NAWA KARTIKA Wonogiri pada tahun 2004 dan SD NAWA KARTIKA tahun 2012.
Pengaruh yang ditimbulkan dengan adanya Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah bagi masyarakat Kecamatan Selogiri di antaranya adalah Pondok Pesantren Mamba’ul hikmah mampu meningkatkan aktivitas religi masyarakat. Munculnya aktivitas ekonomi baru di Kecamatan Selogiri. Meningkatnya Aktivitas Pendidikan di Kecamatan Selogiri. Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah pada saat berdiri tahun 1994 sudah mulai mengembangkan pendidikan di wilayah Kecamatan Selogiri.
Dengan adanya Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah ini Masyarakat Selogiri khususnya dalam bidang keagamaan dan pendidikan menjadi lebih baik serta menjadikan masyarakat yang berpendidikan khususnya ajaran agama islam.
Kata kunci: Pondok Pesantren, Pendidikan