Abstrak


Implementasi sistem manajemen mutu iso 9001:2008 klausul 7.5.5 preservasi produk pada cv tunas jaya Gatak Sukoharjo


Oleh :
Fakhriani Ismi M A - F3110019 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran tentang implementasi pengukuran kualitas pada proses produksi di CV. Tunas Jaya berdasarkan pada standar pengukuran Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 tahun revisi 2008 dalam klausul 7.5.5 mengenai preservasi produk guna menjaga konsistensi kualitas baik yang telah dimiliki dan meningkatkan kinerja perusahaan melalui evaluasi-evaluasi internal.
Metode penelitian Tugas Akhir ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang merupakan studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data yang telah dilaksanakan menggunakan metode wawancara bebas atau tidak terstruktur, metode observasi, dan metode dokumentasi. Proses analisis data yang telah dilaksanakan dimulai dari reduksi data, kemudian penyajian data, dan akhirnya ditarik kesimpulan sebagai sesuatu yang saling berkesinambungan. Analisis yang digunakan yaitu flow model of analysis.
Temuan dari penelitian ini yaitu masih ada hambatan-hambatan dalam pengimplementasian preservasi produk karena kurangnya pemahaman dari sumber daya manusia di perusahaan dalam melaksanakan standar pemeliharaan yang berlaku berdasarkan standar ISO 9001:2008 dan belum maksimalnya kebijakan perusahaan dalam menerapkan preservasi produk berdasarkan standar tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya upaya peningkatan kinerja dan pengawasan yang diberlakukan kepada jajaran karyawan yang mengemban tugas-tugas produksi dan quality control.
Kata Kunci: Implementasi ISO 9001:2008, preservasi produk, peningkatan kualitas.