Abstrak


Peranan room attendant di housekeeping department dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada tamu di sala view hotel di Solo


Oleh :
Faqih Nur Fauzan - C9412016 - Fak. Ilmu Budaya

Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk menjelaskan tentang peranan Room Attendant di Housekeeping Department dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada tamu di Sala View Hotel Solo. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang di atas bahwa Housekeeping Department mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan peranan dan upayanya meningkatkan pelayanan tamu untuk kelancaran operasional hotel, maka dapat dirumuskan : 1) Peranan Room Attendant Housekeeping Department di Sala View Hotel Solo. 2) Standard Operating Procedure Room Attendant Housekeeping Department di Sala View Hotel Solo. 3) Cara pelayanan Departemen Housekeeping di Sala View Hotel Solo. 4) Upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada tamu oleh Room Attedant Housekeeping Department di Sala View Hotel Solo.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam laporan ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka serta studi dokumentasi terkumpul, sehingga diperoleh data-data yang akurat mengenai peranan sampai upaya peningkatan pelayanan terhadap para tamu hotel.
Hasil penelitian yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah Room Attendant merupakan peran penting terhadap tingkat hunian kamar dan tingkat kepuasan tamu Sala View Hotel di Solo. Room Attendant Sala View Hotel di Solo sangat berperan penting dalam karena tugasnya berkaitan dengan kenyamanan tamu dalam mendapatkan kamar yang bersih dan nyaman sehingga tamu merasa senang untuk menginap di hotel tersebut dan sebuah kamar harus di tata dan didekorasi sedemikian rupa sehingga tamu merasa nyaman.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa dengan adanya upaya peningkatan, prosedur kerja yang baik serta tugas dan tanggung jawab, maka pelaksanaan kerja Room Attendant di Sala View Hotel di Solo akan lebih mudah dan maksimal, Pelaksanaan kinerja di Housekeeping tidak akan lepas dari hubugan antar Departemen yang saling melengkapi, membantu, mendorong maju dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap tamu dan meningkatkan pendapatan perusahaan.
Kata kunci : Room Attendant, Peningkatan pelayanan, Sala View Hotel.