Abstrak


Pengaruh model pembelajaran social science inquiry terhadap civic skills siswa pada kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab (studi di kelas vii smp negeri 27 Surakarta tahun ajaran 2014/2015)


Oleh :
Nindias Dwikky Cahyaningtyas - K6411040 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran social science inquiry terhadap civic skills siswa pada kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab dengan menggunakan model pembelajaran social science inquiry.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 27 Surakarta yang berjumlah 178 siswa. Teknik penggunaan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Didapatkan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk variabel X menggunakan observasi dan variabel Y menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis Regresi Satu Prediktor.
Berdasarkan analisis data diperoleh besar nilai rhitung sebesar rxy = 0,524. Hasilnya dikonsultasikan pada nilai rtabel dengan N=32, taraf signifikansinya 5% sebesar rtabel = 0,349. Diketahui bahwa rhitung >rtabel atau 0,524 >0,349 berarti H0 ditolak, Ha diterima. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh positif model pembelajaran social science inquiry terhadap civic skills siswa pada kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab kelas VII SMP Negeri 27 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.
Adapun sumbangan pengaruh pengaruh variabel X terhadap Y yaitu sebesar 27,5%, artinya bahwa 27,5% civic skills siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran social science inquiry. Sedangkan 72,5% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Adapun persamaan garis regresi linier sederhana diperoleh persamaan ??^=17,43+2,66 ??, menggambarkan bahwa setiap kenaikan satu satuan variabel model pembelajaran social science inquiry akan diikuti kenaikkan variabel civic skills siswa pada kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab, sebesar kemiringan gradien garis regresi 2,66. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh positif model pembelajaran social science inquiry terhadap civic skills siswa pada kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab kelas VII SMP Negeri 27 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Model pembelajaran, social science inquiry, civic skills.