Abstrak


Pembangunan aplikasi wisuda di universitas sebelas maret menggunakan framework yii 1.1 dan simplesamlphp mengimplemetasikan message authentication code dan role based access control terkonfigurasi


Oleh :
Pradipta Praja Gumantara - M3112110 - Fak. MIPA

Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Untuk dapat melakukan wisuda, setiap mahasiswa harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Sebelum dapat mendaftar wisdua, mahasiswa harus menerima SKL/Yudisium dari fakultas yang merupakan salah satu syarat dapat mendaftar dan mengikuti wisuda. Dalam Universitas Sebelas Maret (UNS), sistem informasi wisuda yang ada masih belum terintegrasi penuh dengan sistem-sistem lain yang ada di UNS sehingga dalam pelaksanaan pendaftaran wisuda sering terjadi permasalahan dalam kesesuaian data yang menyebabkan mahasiswa kebingungan dalam pendaftaran wisuda.
Aplikasi wisuda ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework YII, dan PostgreSQL sebagai database management system (DBMS). Aplikasi wisuda ini menggunakan Single Sign On (SSO) sebagai cara login ke aplikasi. Aplikasi wisuda juga menggunakan SimpleSAMLphp sebagai framework Security Assertion Markup Language (SAML) agar aplikasi wisuda dapat login dengan SSO.
Pada sisi keamanan, aplikasi ini menggunakan Message Authentication code (MAC) sebagai kode kunci validasi persyaratan mahasiswa. Aplikasi ini juga menggunakan Role Based Access Control (RBAC) terkonfigurasi untuk mengatur hak akses tiap user dan memudahkan admin aplikasi untuk maintenance aplikasi.
Aplikasi wisuda di Universitas Sebelas Maret telah berhasil dibangun untuk mengelola data yang berkaitan dengan wisuda, yudisium fakultas, dan pengelolaan data-data berita dan informasi yang berkaitan dengan wisuda melalui tahap-tahap survey, analisa, desain dan perancangan, dan implementasi desain dan perancangan.
Kata kunci : wisuda, Security Assertion Markup Language (SAML), services, Yii, Message Authentication code (MAC), Role Based Access Control (RBAC).