Abstrak


Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) dan individual terhadap prestasi belajar sejarah ditinjau dari kreativitas belajar siswa kelas x mia sma negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Ratna Wulandari - K4411052 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dan strategi pembelajaran individual terhadap prestasi belajar sejarah. 2) Perbedaan pengaruh antara kreativitas belajar baik, sedang dan kurang baik terhadap prestasi belajar. 3) Interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar sejarah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel kelas X MIA 4 terdiri dari 38 siswa dan X MIA 6 terdiri dari 38 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode tes yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian dua arah.
Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan, (1) Ada perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran kooperatif tipe teams games turnament (TGT) dan strategi pembelajaran individual terhadap prestasi belajar sejarah (nilai FA hitung >F tabel = 45,96>4,00 ), (2) Ada perbedaan pengaruh antara kreativitas belajar baik, sedang dan kurang baik terhadap prestasi belajar sejarah (nilai FB hitung>F tabel = 6,17>3,15), dan (3) Ada interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar sejarah (nilai FAB hitung>Ftabel = 12,39>3,15).
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kreativitas Belajar, dan Prestasi Belajar