Abstrak


Penerapan discovery learning untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas xi mipa 4 sma n 7 Surakarta


Oleh :
Aulia Nur Rahmawati - K4311015 - Fak. KIP

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan peserta didik di kelas XI MIPA 4 SMAN 7 Surakarta. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 anak. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data teknik analisis kualitatif yang terdiri atas tiga kegiatan diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Data Pra-Siklus menunjukkan bahwa kuantitas pertanyaan yang diajukan peserta didik adalah 132 pertanyaan yang teridentifikasi pada kualitas C1 faktual sebesar 6,82%, C1 konseptual sebesar 21,97%, C1 prosedural sebesar 39,40%, C2 faktual sebesar 1,52%, C2 konseptual sebesar 24,24%, C2 prosedural sebesar 4,55%, C3 konseptual sebesar 0,76% dan C4 konseptual sebesar 0,76%. Data Pra-Siklus menunjukkan bahwa sebagian besar pertanyaan masih termasuk ke dalam low order thinking, sehingga perlu ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran discovery.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuantitas pertanyaan peserta didik meningkat sebesar 36,36% pada Siklus I, namun menurun sebesar 43,33% dari Siklus I ke Siklus II. Kuantitas pertanyaan Siklus II tidak mengalami perubahan di Siklus III, namun meningkat sebesar 89,22% dari Siklus III ke Siklus IV. Peningkatan kuantitas pertanyaan terbesar terjadi pada Siklus IV, yaitu meningkat sebesar 46,22% dari pertanyaan baseline. Kualitas pertanyaan meningkat dari dimensi faktual, konseptual dan prosedural pada proses berpikir C1, C2, C3 dan C4 menjadi berada di dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi pada proses berpikir C1, C2, C3, C4 dan C5.
Kesimpulan hasil penelitian adalah penerapan model discovery learning meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas XI MIPA 4 SMA N 7 Surakarta.
Kata kunci: kuantitas pertanyaan, kualitas pertanyaan, discovery learning