;

Abstrak


Pengaruh pendekatan pembelajaran self regulated learning (srl) dan konvensional terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas 5 di dabin v Pulokulon Grobogan ditinjau dari motivasi belajar siswa


Oleh :
Crubus - S811402005 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) dan Konvensional terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas 5 Dabin V Pulokulon Grobogan. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar tinggi dengan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas 5 Dabin V Pulokulon Grobogan. (3) Untuk mengetahui interaksi pengaruh pendekatan pembelajaran dengan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas 5 Dabin V Pulokulon Grobogan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Penelitian yang dilakukan untuk mencari perbedaan pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran SRL dan Konvensioanal ditinjau dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri di Dabin V Pulokulon Grobogan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri di Dabin V Pulokulon Grobogan yang berjumlah 239 siswa. Sedangkan sampel pengambilan sampel dengan teknik Multi Stage Claster Random sampling dengan kelompok eksperimen berjumlah 29 siswa dan sampel kontrol sejumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes. Sedangkan Teknik Analisis data dengan Anova 2 jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat Perbedaan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran SRL dan Konvensional terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Kelas 5 Dabin V Pulokulon Grobogan. Artinya pembelajaran menggunakan model SRL memberikan prestasi belajar yang berbeda dengan siswa yang tidak menggunakan model SRL. (2) Terdapat Perbedaan Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Tinggi dan Rendah terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Kelas 5 Dabin V Pulokulon Grobogan.Berdasarkan hasil penelitian tersebut motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Jasmani. (3) Terdapat Interaksi Pengaruh antara Penggunaan Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Kelas 5 Dabin V Pulokulon Grobogan.
Kata Kunci : Pembelajaran SRL, Konvensional, Prestasi Belajar, Motivasi