Abstrak


Tanggapan pembaca terhadap novel al-ajnichah al-mutakassirah karya jubran khalil jubran (kajian resepsi sastra)


Oleh :
Dani Prasetyo - C.1011011 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini membahas: (1) Bagaimana struktur novel al-Ajnichah al-Mutakassirah karya Jubra>n Khali>l Jubra>n berdasarkan teori struktural Farhu>d? (2) Bagaimana tradisi perjodohan dan pernikahan dalam novel al-Ajnichah al-Mutakassirah? (3) Bagimana tanggapan pembaca kritikus dan pembaca penerjemah terhadap eksistensi novel dan bagaimana tanggapan pembaca peneliti terhadap tradisi perjodohan dan pernikahan dalam novel al-Ajnichah al-Mutakassirah? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur novel al-Ajnichah al-Mutakassirah karya Jubra>n Khali>l Jubra>n berdasarkan teori struktural Farhu>d, (2) Mendeskripsikan tradisi perjodohan dan pernikahan dalam novel al-Ajnichah al-Mutakassirah, (3) Mendeskripsikan tentang tanggapan pembaca terhadap problem perjodohan dan pernikahan dalam novel al-Ajnichah al-Mutakassirah.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian resepsi lewat kritik sastra. Tanggapan berupa kritik ataupun pendapat terhadap fenomena-fenomena yang ada dalam karya sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel al-Ajnichah al-Mutakassirah karya Jubra>n Khali>l Jubra>n berbentuk bibliografi dari Alexandria yang diterbitkan pada tahun 1912. Objek kajian pada penelitian ini yakni objek material berupa novel al-Ajnichah al-Mutakassirah karya Jubra>n Khali>l Jubra>n dan objek formal dari penelitian ini berupa unsur intrinsik dan kritik sastra sebagai bentuk tanggapan pembaca. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, yakni menggunakan sumber tertulis untuk untuk memperoleh data. Teknik analisis data dengan menggunakan resepsi sastra.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, unsur-unsur intrinsik dalam karya sastra merupakan satu kesatuan yang membentuk keutuhan sebuah karya sastra. Kedua, sebuah karya sastra merupakan cermin kebudayaan yang berkembang pada masa karya sastra tersebut lahir. Ketiga, problem tentang perjodohan dan pernikahan di dalam sebuah masyarakat yang berbudaya, maka hal ini akan terus menuai pro dan kontra yang melahirkan berbagai pendapat mengenai hal tersebut.
Kata kunci: Tanggapan pembaca, novel al-Ajnichah al-Mutakassirah, Jubra>n Khali>l Jubra>n, perjodohan dan pernikahan.