Abstrak


Pelatihan Menulis Catatan Harian untuk Meningkatkan Self-Awareness dan Menurunkan Kecenderungan Kenakalan Remaja di SMK Batik 1 Surakarta Kelas X Teknik Komputer & Jaringan


Oleh :
Tyas Muliana Hafsari - G0110066 - Fak. Kedokteran

Masa remaja merupakan periode badai dan tekanan, ketegangan emosinya meninggi, dan rentan dengan tindak kenakalan. Remaja membutuhkan self-awareness, yaitu kemampuan untuk mengenali emosi dan perasaan yang sedang berlangsung serta memahami keadaan internal diri berupa kekuatan, kelemahan, motivasi, dan kepribadian. Self-awareness juga membuat remaja terhindar dari perilaku-perilaku negatif. Menulis catatan harian adalah salah satu cara untuk meningkatkan self-awareness, karena menulis adalah bagian refleksi individu terhadap dirinya sendiri dan individu dapat melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa pelatihan menulis catatan harian dapat meningkatkan self-awareness dan menurunkan kecenderungan kenakalan remaja, serta mengetahui bahwa semakin tinggi self-awareness maka kecenderungan kenakalan remaja semakin rendah.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa SMK Batik 1 Surakarta kelas X jurusan Teknik Komputer & Jaringan yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pelatihan menulis catatan harian sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Pelatihan berlangsung selama empat kali pertemuan dengan memberikan sepuluh teknik menulis catatan harian. Subjek diukur dengan skala kecenderungan kenakalan remaja dan skala self-awareness pada sebelum dan sesudah perlakuan serta pada follow-up.

Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Independent Samples T-test dengan  hasil pada kecenderungan kenakalan remaja diperoleh –t=-4,581 (-t<-2,056) p=0,000 (p< 0,05) untuk posttest dan –t=-4,356 (-t<-2,056) p=0,000 (p< 0,05) untuk follow-up, hal ini berarti bahwa pelatihan menulis catatan harian dapat menurunkan kecenderungan kenakalan remaja. Pada self-awareness  diperoleh t=3,834 (t>2,056) p=0,001 (p<0,05) untuk posttest dan t=2,812 (t>2,056) p=0,009 (p<0,05) untuk follow-up, hal ini berarti bahwa pelatihan menulis catatan harian dapat meningkatkan self-awareness. Pada analisis korelasi Product Moment diperoleh r=-0,630 p=0,000 (p<0,05), berarti bahwa semakin tinggi self-awareness maka kecenderungan kenakalan remaja semakin rendah.

Kata kunci: kecenderungan kenakalan remaja, self-awareness, pelatihan menulis catatan harian