;

Abstrak


Pengaruh pembelajaran tipe numbered head together (nht) dan group investigation (gi) terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas v sekolah dasar negeri dabin v kradenan ditinjau dari disiplin belajar


Oleh :
Sri Rejeki - S811402025 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan pengaruh antara penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Dabin V Kradenan; (2) perbedaan pengaruh disiplin belajar tinggi dengan disiplin belajar rendah terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Dabin V Kradenan; (3) interaksi pengaruh model dengan disiplin belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Dabin V Kradenan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan strategi penelitian quasi eksperimen. Populasi SDN Dabin V Kec. Kradenan Grobogan terdiri dari 10 Sekolah Dasar Negeri, sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah 2 Sekolah Dasar yaitu SDN 3 Kradenan yang berjumlah 20 siswa dan SDN 3 Sambongbangi yang berjumlah 18 siswa. Uji coba dilakukan di SDN SDN 2 Sengonwetan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random sampling .Teknik Analisis dengan menggunakan ANAVA dan Uji Lanjut ANAVA menggunakan uji komparasi ganda Scheffe.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA pada kelompok dengan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran GI. Prestasi belajar IPA pada kelompok dengan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran GI. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA pada kelompok siswa yang mempunyai disiplin belajar tinggi dan siswa yang mempunyai disiplin belajar rendah. Siswa yang mempunyai disiplin belajar tinggi mempunyai prestasi belajar IPA yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai disiplin belajar rendah. (3) Terdapat interaksi pengaruh model pembelajaran dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPA a) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA pada kelompok dengan model pembelajaran GI antara siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi dan rendah; b) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA pada siswa yang memiliki disiplin belajar rendah antara kelompok dengan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran GI.
.
Kata Kunci: Prestasi Belajar IPA, Numbered Head Together (NHT), Group Investigation (GI), Disiplin Belajar