Abstrak


Pengaruh penggunaan token economy terhadap peningkatan motivasi belajar ipa anak tunalaras kelas v sdlb e bhina putera surakarta tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Galuh Pangestika Wijaya Atas Asih - K5111024 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Token Economy untuk meningkatkan motivasi belajar IPA anak tunalaras kelas V SDLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design, dimana sekelompok subyek diberikan perlakuan untuk jangka waktu tertentu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Semester II SDLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2014/2015, yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah siswa 7 orang. Dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel melainkan memakai seluruh populasi yang ada yaitu seluruh anak kelas V Semester II SDLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Validitas dalam penelitian ini dilakukan dengan Validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non-parametrik yaitu Tes Uji Rangking Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank-Test) dengan menggunakan SPSS versi 22.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan atau treatment sebesar 7,71 meningkat menjadi 19,86 sesudah pemberian perlakuan atau treatment, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Token Economy dapat meningkatkan motivasi belajar IPA anak tunalaras kelas V SDLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, IPA, Token Economy, Siswa Tunalaras.