Abstrak


Analisis kelayakan buku teks bahasa jawa kurikulum 2013 tingkat smp


Oleh :
Lulut Wahyuningsih - K4211025 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan isi dan kelayakan bahasa pada buku teks Bahasa Jawa Kelas VII Marsudi Basa lan Sastra Jawa.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan sumber data utama adalah buku teks bahasa Jawa Kelas VII “Marsudi Basa lan Sastra Jawa”. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan simpulan. Data kelayakan isi dan kelayakan bahasa dianalisis dengan instrumen yang disusun berdasarkan teori-teori yang relevan dan informasi maupun penilaian dari beberapa sumber. Uji validitas data menggunakan triangulasi peneliti dan teori. Pada triangulasi peneliti melibatkan 2 peneliti lain yaitu Yessi Estifalia (YE) dan Dwi Ratna (DR). Kelayakan isi ditinjau dari kesesuaian materi, keakuratan materi, dan kandungan materi pembelajaran, adapun kelayakan bahasa ditinjau dari kesesuaian bahasa dengan tingkat perkembangan peserta didik, komunikatif, serta keruntutan dan kesatuan gagasan.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (a) kelayakan isi pada buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa memperoleh persentase sebesar 85,73% dari jumlah skor rata-rata 82,3 dan skor maksimal 96, (b) kelayakan bahasa pada buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa memperoleh persentase 82,85% dari jumlah skor rata-rata 23,2 dan skor maksimal 28, yakni masih terdapat 47 kesalahan berupa ejaan, diksi, kata, dan kalimat yang digunakan.
Kata kunci: buku teks, kelayakan isi, kelayakan bahasa, kurikulum 2013