Abstrak


Peranan sistem reservation dan ticketing dalam meningkatkan kualitas pelayanan di stasiun lempuyangan Yogyakarta


Oleh :
Nadia Novita Sari - C.9412028 - Fak. Ilmu Budaya

Laporan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi keingintahuan masalah pelayanan yang dilakukan di stasiun Lempuyangan Yogyakarta kepada calon penumpang, tentang prosedur dan peranan proses reservation dan ticketing serta langkah upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang.
Manfaat praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi lengkap mengenai proses reservation dan ticketing tiket Kereta Api serta memberikan informasi mengenai strategi yang digunakan dalam meningkatkan pelayanan di stasiun Lempuyangan. Manfaat Akademis diharapkan hasil penelitian menambah wacana keilmuan dan sebagai bahan penelitian lebih lanjut bagi mahasiswa pariwisata. Penelitian ini dapat menambah koleksi di Perpustakaan DIII Usaha Perjalanan Wisata di Fakultas Ilmu Budaya, serta di Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dan kemudian dengan cara memberikan gambaran sesuai kenyataan pada waktu penelitian. Penulis menggunakan metode tersebut karena data – data yang diperoleh dari penelitian kebanyakan berupa informasi dan uraian.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan di stasiun Lempuyangan sudah baik hal tersebut dibuktikan dengan adanya pergerakan penumpang naik dan pendapatan baik kereta lokal maupun jarak jauh yang semakin meningkat setiap harinya terhitung dari bulan Januari - Maret serta respon dari para responden yang mengatakan baik.
Dari hasil penelitian ini dapat simpulkan bahwa pelayanan yang diberikan di stasiun lempuyangan didalam proses reservation dan ticketing, yaitu: proses pemesanan dan pembuatan tiket, proses re – schedule, tiket rombongan, tiket infant, dan tiket gratis. prosedur dan peranan pembuatan tiket menggunakan Rail Ticket System selama ini dinilai lebih efisien dibandingkan dengan sistem sebelumnya yaitu ticket thermal. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan PT. Kereta Api Indonesia dapat dilihat dari pergerakan penumpang naik lokal dan jarak jauh penumpang serta pendapatan yang ikut naik, selain itu terdapat respon dari para responden terhadap pengaruh kualitas pelayanan di stasiun Lempuyangan yang mendapat respon baik di tambah wawancara kepada petugas stasiun yang dapat disimpulkan pelayanan reservation dan ticketing selama ini sudah sesuai dengan peraturan perusahaan yang berlaku.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, Reservation, Ticketing