Abstrak


Potensi pasar triwindu sebagai sentra souvenir barang antik bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Solo


Oleh :
Pradita Rahma Kurnia Ning Tyas - C.9412034 - Fak. Ilmu Budaya

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang strategi pengembangan Pasar Triwindu sebagai wisata heritage dan wisata belanja di kota Solo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Pasar Triwindu sebagai wisata heritage dan wisata belanja di kota Solo, kendala – kendala yang dihadapi dalam mengembangakan Pasar Triwindu, apresiasi wisatawan dan pedagang terhadap Pasar Triwindu, analisis 4A.
Penulisan laporan ini disajikan secara diskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan Pasar Triwindu . Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan yang ada di Pasar Triwindu dapat dijadiakan sebagai wisata heritage dan wisata belanja di kota Solo. Barang antik yang dijual di Pasar Triwindu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung di pasar Triwindu. Dalam pengembangan Pasar Triwindu tidak lepas dari peran pedagang dan pihak pengelola. Adapun kendala yang dihadapi dalam mengembangkan Pasar Triwindu yaitu fasilitas yang tidak lengkap, pengelolaan yang kurang diperhatikan dan sulitnya untuk memperoleh barang – barang antik.
Kesimpulan yang dapat diambil Pasar Triwindu dapat dijadikan salah satu tujuan untuk para wisatawan berwisata sejarah tentang bangunan Pasar Triwindu sekaligus berbelanja barang – barang antik yang ada di kota Solo.