;

Abstrak


Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan media video pemanfaatan sumber daya alam untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar ips siswa kelas viii c smp negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2014/2015


Oleh :
Sumarno - S861402044 - Sekolah Pascasarjana

Model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples merupakan suatu model pembelajaran dengan menggunakan gambar untuk dianalisis oleh siswa dan menghasilkan deskripsi singkat dari suatu materi dengan contoh dan non contoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan media video pemanfaatan sumber daya alam dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sragen.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII C SMP Negeri 1 Sragen sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil jawaban angket kreativitas yang diberikan kepada siswa pada siklus I dapat diketahui bahwa jumlah skor rata-rata sebesar 62,50 dan ketuntasan klasikal 47,06%, siklus II jumlah skor rata-rata sebesar 64,85 dan ketuntasan klasikal 79,41%, dan siklus III jumlah skor rata-rata sebesar 67,03 dan ketuntasan klasikal 94,12%. Sedangkan hasil belajar siswa hasil post test, siklus I rata-rata sebesar 69,26(2,77) dengan pencapaian ketuntasan sebesar 47,06%, siklus II rata-rata sebesar 78,38(3,14) dengan pencapaian ketuntasan sebesar 79,41%, siklus III rata-rata sebesar 84,00(3,35) dengan pencapaian ketuntasan sebesar 100%.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis terhadap suatu pokok permasalahan dan menemukan suatu konsep secara langsung dari hasil analisis. Siswa terlibat dalam proses discovery (penemuan), yang mendorong untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari examples non examples. Model pembelajaran ini cocok untuk tema pemanfaatan sumber daya alam. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan media video pemanfaatan sumber daya alam dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sragen.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe examples non examples, video, kreativitas siswa, hasil belajar.