Abstrak


Pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap penguasaan kompetensi dasar mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan hak asasi manusia pada siswa kelas vii smp negeri 5 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Arumsari Galuh Saputri - K6411012 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif model pembelajaran Course Review Horay terhadap penguasaan Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM dan meningkatkan penguasaan Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sukoharjo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sukoharjo yang terdiri dari 289 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Cluster Random Sampling karena ketiadaan daftar nama seluruh anggota populasi, namum memiliki data tentang kelompok yang digunakan sebagai populasi dan sifat/karakteristik kelompok adalah homogen. Dalam penelitian ini kelas eksperimen adalah kelas VII B dan kelas kontrol adalah kelas VII C. Teknik pengumpulan data untuk variabel model pembelajaran Course Review Horay (X) menggunakan observasi dan variabel Penguasaan Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM (Y) menggunakan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Regresi Satu Prediktor.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap penguasaan Kompetensi Dasar mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan Hak Asasi Manusia pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015 yang dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yaitu diperoleh nilai rxy = 0,375 dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,349 karena rxy > rtabel maka Ha diterima dan H0 ditolak berarti menunjukkan pengaruh yang positif antara Variabel X dan Variabel Y. Adapun persamaan regresi yang diperoleh yakni ^= 8,632 + 0,334X. Dari persamaan tersebut dapat menggambarkan apabila pengaruh model pembelajaran Course Review Horay 10% maka penguasaan Kompetensi Dasar mendiskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM pada siswa sebesar 12,012%. Sedangkan besarnya sumbangan model pembelajaran Course Review Horay (X) terhadap penguasaan Kompetensi Dasar mendiskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM (Y) adalah 14,1% dan sisanya yakni 85,9% dipengaruhi oleh tujuan pembelajaran, materi pelajaran, metode dan teknik mengajar, guru, dan logistik. Maka dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap penguasaan Kompetensi Dasar mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan Hak Asasi Manusia pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata kunci : model pembelajaran, course review horay, penguasaan, Kompetensi Dasar