Abstrak


Analisis psikologi sastra dan nilai pendidikan dalam kumpulan cerita pendek berjuta rasanya karya tere liye serta relevansinya sebagai materi ajar teks cerita pendek pada siswa sma kelas xi


Oleh :
Titik Mutiara Dewi - K1211070 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) struktur kumpulan cerita pendek Berjuta Rasanya; (2) aspek kejiwaan tokoh utama dalam kumpulan cerita pendek Berjuta Rasanya; (3) nilai didik yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek Berjuta Rasanya; (4) relevansi kumpulan cerita pendek Berjuta Rasanya sebagai materi ajar teks cerita pendek di SMA kelas XI.
Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi psikologi sastra. Sumber data yang digunakan adalah kumpulan cerita pendek Berjuta Rasanya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data diperoleh melalui trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen yaitu (1) reduksi data, (2) sajian data, (3) penarikan kesimpulan.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) struktur pada kumpulan cerita pendek Berjuta Rasanya meliputi tema, penokohan, alur, latar, sudut pandang dan amanat; (2) aspek kejiwaan pada tokoh utama dalam kumpulan cerita pendek Berjuta Rasanya dapat dipahami melalui pendalaman teori Sigmund Freud (id, ego dan superego yang mampu dipengaruhi oleh faktor dalam dan faktor luar; (3) nilai yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek Berjuta Rasanya didominasi oleh nilai moral; (4) kumpulan cerita pendek Berjuta Rasanya relevan sebagai materi ajar teks cerita pendek di SMA kelas XI.
Kata kunci: kumpulan cerita pendek, analisis struktural, psikologi sastra, nilai pendidikan, materi ajar sastra