Abstrak


Hubungan Antara Regulasi Emosi dan Asertivitas dengan Psychological Well-Being pada Istri yang Tinggal dengan Mertua


Oleh :
Ika Nurngaini - G0111043 - Fak. Kedokteran

Psychological well-being merupakan keadaan nyaman dengan kehidupan dan sehat secara psikologis.Istri yang tinggal dengan mertua dihadapkan pada situasi yaitu adanya tumpang-tindih dalam pengelolaan rumah tangga dengan mertua.situasi tersebut menimbulkan konflik yang memicu berbagai emosi. Berhadapan dengan situasi tersebut kemampuan mengelola emosi dan kemampuan menyampaikan perasaan, pikiran dan pendapat secara apa adanya dipertimbangkan mempengaruhi psychological well-being istri.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan asertivitas dengan psychological well-being, hubungan antara regulasi emosi dan psychological well-being, dan hubungan antara asertivitas dengan psychological well-being pada istri yang tinggal dengan mertua di Kelurahan Plesungan.

Populasi dalam penelitian ini adalah istri yang tinggal dengan mertua di Kelurahan Plesungan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Sampling yang digunakan adalah purposive accidental sampling.Sampel penelitian berjumlah 55 orang.Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala psychological well-being, skala regulasi emosi, dan skala asertivitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara regulasi emosi dan asertivitas dengan psychological well-being (R= 0,614, p < 0,05). Secara parsial terdapat hubungan yang sedang antara regulasi emosi  denganpsychological well-being  = 0,505, p < 0,05); serta tidak terdapat hubungan antara asertivitas dengan psychological well-being (  = 0,260, p > 0,05). Sumbangan regulasi emosi dan asertivitas dengan psychological well-being sebesar 37,8%. Besar sumbangan efektif regulasi emosi terhadap psychological well-being sebesar 24,2% dan sumbangan efektif asertivitas terhadap psychological well-being sebesar 13,6%. Kata kunci: psychological well-being, regulasi emosi, asertivitas, istri yang tinggal dengan mertua