Abstrak


Perubahan Perilaku Konsumtif Masyarakat dalam Konsep Wedangan Modern di Kota Surakarta (Studi Fenomenologi Perilaku Konsumtif Pada Mayarakat Kota Surakarta)


Oleh :
Galih Dwi Saputro - D0310023 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Perilaku konsumtif masyarakat pada jaman sekarang ini telah mencapai masa dimana kegiatan konsumsi tidak hanya sebatas makan dan minum, namun juga konsumsi nilai symbol dan interaksi simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat khususnya pada wedangan modern di Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini berupa manusia (informan), kejadian atau peristiwa dalam masyarakat, tempat dan lokasi, dan dokumen benda-benda lain yang menunjang penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Untuk mencari kevaliditasan data menggunakan triangulasi sumber (data) dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan perilaku konsumtif masyarakat ketika mengonsumsi di wedangan modern. Perubahan yang terjadi adalah masyarakat mengunjungi wedangan modern bukan hanya karena makanan atau minumannya. Namun karena faktor tempat yang nyaman dan keinginan untuk menunjukkan eksistensi diri mereka sendiri. Perilaku konsumsi ini tidak didasarkan lagi pada teori kebutuhan (need), tetapi didorong oleh hasrat (desire) dan keinginan (want). Pergeseran perilaku konsumsi ini tidak lagi untuk memenuhi kebutuhan tetapi didasarkan pada motivasi untuk mendapatkan tantangan, suatu sensasi, kegembiraan, sosialisasi, menghilangkan stress.
Kata kunci : Perubahan Perilaku, Masyarakat, Konsumtif, Wedangan.
ABSTRACT
Nowadays, the consumptive behaviors among society has reached the time when consuming is not just eating or drinking, but also symbolic value and symbolic interactions. This research isconducted with a purpose, to know what the factors that affect people’s consumptive behavior are, especially modern food stall consumption in Surakarta.
This research uses a qualitative approach method with a phenomenological study analysis of multiple. Sources of data in the study of society (the informant), an event or events in the community, places and location, and any other documents things that support this research. The data was collected using direct observation, interviews and documentation. Using triangulation model sources (data) and methods to process data validity. Data analysis techniques use an interactive analysis model.
From the research, the authors conclude that society’s consumptive behavioral has changed when they’re consuming at modern food stall. Things that can change people’s consumptive behavioral isn’t because the food or drink. But it’s influenced by the place’s cozyness and urge to show their own self existence by consuming at modern food stall. Consumptive behavior nowadays isn’t based from need anymore, but it has pushed by desire and want. The changes of consumptive behavior has moved from completing needs become a motivation to get some challenges, sensation, happiness, socialization, relieving stress.
Keywords: Behavioral changes, Society, Consumptive, Food stall