Abstrak


Tinjauan Pembuktian Dakwaan dengan Keterangan Saksi yang Dibacakan Penuntut Umum dalam Perkara Penganiayaan di Persidangan Pengadilan Negeri Pamekasan ( STUDI PUTUSAN Nomor 59/Pid.b/2014/PN Pks.)


Oleh :
Rahadian Herlangga W.w. - E0010282 - Fak. Hukum

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pembuktian Dakwaan yang kesaksian saksinya di Bacakan oleh Penuntut Umum tersebut sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP dalam kasus penganiayaan Studi putusan Nomor 59/Pid.b/2014/PN Pks. Adapun kajian selanjutnya adalah untuk mengetahui apakah Hakim mempertimbangkan pembuktiaan dakwaan dengan kesaksian yang dibacakan oleh penuntut umum dalam perkara penganiayaan di persidangan Pengadilan Negeri Pamekasan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum Normatif atau biasa disebut sebagai penelitian kepustakaan atau studi dokumen. Penelitian hukum normatif yaitu penelitian yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier dari masing-masing hukum normatif. Bahan hukum yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan kasus (case approach).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembuktian dakwaan oleh Penuntut Umum dengan kesaksian saksi yang di bacakan oleh Penuntut umum dalam putusan Pengadilan Negeri Pamekasan Nomor 59/Pid.b/2014/PN.Pks. memang belum sesuai dengan ketentuan KUHAP,akan tetapi untuk prosedur pembuktian dalam perkara ini sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP. Serta hakim juga ikut mempertimbangkan kesaksian yang di bacakan itu,karena kesaksian tersebut dapat menjadi alat bukti petunjuk yang memiliki kesesuaian dengan keterangan-keterangan saksi yang hadir dalam persidangan dan bukti yang lain sehingga dinilai dapat membantu hakim untuk menggali fakta yang benar-benar terjadi untuk menjatuhkan Putusan.
Kata Kunci :Dakwaan,KeteranganSaksi,PenuntutUmum
ABSTRACT
This research aimed to find out whether or not the indictment authentication with witness information read by public prosecutor has been consistent with the provision of KUHAP in mistreatment case, a study on verdict Number 59/Pid.b/2014/PN Pks. This study then aimed to find out whether or not the Judge considered the authentication of indictment with testimony read by public prosecutor in mistreatment case in Pamekasan District Court trial.
This study was a normative law research or usually called library research or document study. A normative research was the one consisting of primary, secondary, and tertiary law materials from each of normative laws. The law materials collected were analyzed using case approach.
Considering the result of research, it could be concluded that the indictment authentication by public prosecutor with witness information read by Public Prosecutor in verdict of Pamekasan District CourtNumber 59/Pid.b/2014/PN Pks had not been consistent with the provision of KUHAP, but the procedure of authentication in this case had been consistent with the provision of KUHAP. The judge also took the read testimony into account, because the testimony could be clue evidence compatible to the information from the witnesses present in the trial and other evidence so that it was considered as able to help the judge explore the facts actually occurring to impose Verdict.
Keywords: Indictment, Witness Information, Public Prosecutor