Abstrak


Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Pendekatan Bermain pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Cabang Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015


Oleh :
Zaeni - K4610097 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok B TK Aisyiyah Cabang Kartasura, tahun ajaran 2015/ 2016 melalui pedekatan bermain.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Cabang Kartasura yang terdiri dari 18 anak.Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK Aisyiyah Cabang Kartasura, dari prasiklus ke siklus I, dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus persentase siswa yang mencapai ketuntasan atau sebesar 27,78% atau sebanyak 5 anak, sedangkan yang belum mencapai ketuntasan mencapai 13 anak atau sebesar 72,22%. Peningkatan terjadi pada siklus I pertemuan I anak mencapai sebesar 44,44% atau 8 anak yang mencapai ketuntasan sedangkan yang belum mencapai ketuntasan mencapai 10 anak yakni sebesar 55,56%, siklus I pertemuan II sebesar 72,22% atau 13 Anak mencapai ketuntasan sedangkan yang belum tuntas sebesar 27,78% atau 5 anak. Dilanjutkan ke siklus II pertemuan I persentase siswa yang mencapai ketuntasan adalah 83,33 % atau 15 anak dan hanya 3 anak atau 16,67% yang belum tuntas, siklus II pertemuan II persentase siswa yang mencapai tuntas sebesar 94,44% atau 17 anak sedangkan yang belum tuntas hanya 1 anak atau sebesar 5,56%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwapenerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok B TK Aisyiyah Cabang Kartasura tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci : Keterampilan Motorik Kasar, Pendekatan Bermain.