Abstrak


Strategi Pendisiplinan Siswa Asrama Putri SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 (Studi Kasus Pelanggaran Siswa Asrama Putri SMA MTASurakarta)


Oleh :
Ummu Siti Sholikhah - K8411068 - Fak. KIP

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran siswa, strategi pendisiplinan siswa dan dampak pemberian sanksi bagi siswa yang melanggar aturan asrama. Penelitian ini dilaksanakan di asrama putri SMA MTA Surakarta dengan subjek penelitian siswa asrama putri 1, 2, 3, 4 dan 5 yang pernah melakukan pelanggaran.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Sumber data berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan kunci yaitu siswa asrama putri 1, 2, 3, 4 dan 5 yang pernah melanggar aturan dan informan pendukung adalah pengurus, pembina dan pengasuh asrama. Observasi berkaitan dengan bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan siswa dan strategi pendisiplinan yang diterapkan di asrama. Dokumen yang digunakan berupa data pelanggaran siswa asrama dan buku tata tertib asrama. Teknik pengambilan informan menggunakan cara purposive. Teknik analisa data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua tipe bentuk pelanggaran yang dilakukan siswa yaitu pelanggaran yang tergolong sering dan jarang dilakukan siswa di Asrama. Pelanggaran yang sering dilakukan yaitu terlambat sholat ke masjid, pulang ke rumah tanpa ijin pembina atau pengasuh asrama, terlambat berangkat ahad pagi, terlambat kembali keasrama, terlambat pengisian ke aula, tidur setelah sholat subuh dan pelanggaran yang jarang dilakukan yaitu bergaul bebas dengan lawan jenis yang bukan mahrom. Strategi pendisiplinan yang di terapkan di asrama yaitu doktrinasi keberadaan Tuhan dalam kehidupan siswa, pengawasan melalui tulisan, pengawasan melalui konstruksi keruangan, pencatatan pelanggaran, menyamakan aturan di semua asrama putri, menerapkan hukuman secara bertahap, pengawasan melalui pengurus, pembina dan pengasuh asrama, dan kontrol aktivitas siswa. Dampak sanksi bagi siswa yang melanggar aturan yaitu siswa yang produktif akan merasa jera dan taat pada aturan sedangkan siswa yang kontraproduktif tidak akan merasa jera dan mengulangi pelanggaran.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pendisiplinan siswa yang diterapkan di asrama putri SMA MTA Surakarta belum mengacu pada pada pendisiplinan Michel Foucault karena belum menyentuh level kesadaran sehingga diperlukan strategi pendisiplinan yang menyentuh kesadaran siswa.
Kata Kunci : Strategi, pendisiplinan, siswa dan asrama
ABSTRACT
The researh aim to know forms violation of the student, student discipline strategies and the impact of sanctions for student who violate the rules of Dormitory. This reseacrh is conducted in Female’s Dormitory ofSMA MTA Surakarta with the subject student Asrama Putri 1,2, 3, 4 dan 5 SMA MTA Surakarta.
This research used a qualitative descriptive approach with study kasus strategy. Data was collected through observation, interview and literature study. The interview were conducted with student in Female’s Dormitory ofSMA MTA Surakarta who never violated the rules of hostel as the main informants and the informants support that were penthe leaders of dormitory. The observation was related to forms violation of the student dan disciplinary mechanisme is applied in hostel, and the document are related to data breaches of student dan order books of dormitory. This research used purposive technique to collect the informants. Data analysis used interactive analysis that consist of data reduction, data presentation, conclusion and verification.
The result of research shows there are two type of violation students, the first is often to do and the second is rarely to do.  The violation that often student do such as late to prayer at mosque, return home without permission of the leader, late to go to “ahad pagi”, late back at the dormitory, late follow the activities of dormitory in hall, and sleep after Subuh of prayer. The second type of violation that rarely student do such as free sex. Disciplinary mechanisme applied in dormitory that are doctrinalexistence of Godinto the livesof students, supervisionthrough writing, through theconstructionof spatialmonitoring, record-keepingviolations, equatingrulesinall thedormitories, applying thepenaltiesgradually, monitoringbypengurus, pembinaandpengasuh ofdormitoryandstudent activitycontrol. Impactof sanctions forstudentswhoviolate the rulesthatgenerateproductivestudentswill feel the deterrent andstudents who arecounter-productive will not feel deterrent and repeat violations.
The conclusion of research that female’s dormitory disciplinary system in SMA MTA Surakarta not referring to the disciplinary Michel Foucault because it has not touched the level of awareness so that the necessary disciplinary strategies that touch students' awareness.
Keywords: Strategy, disciplinary, student, and dormitory