;

Abstrak


Hubungan Kemampuan Kerja dan Komitmen Organisasional dengan Kinerja Perawat (Survey Pada Perawat BLUD Rumah Sakit Umum Daerah Salatiga)


Oleh :
Listiyono - S541208049 - Sekolah Pascasarjana

Listiyono. S541208049. 2015. Hubungan Kemampuan Kerja dan Komitmen Organisasional dengan Kinerja Perawat (Survey Pada Perawat BLUD Rumah Sakit Umum Daerah Salatiga). TESIS. Pembimbing I : AA.Subiyanto, II : Hari Wujoso. Program Studi Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret
Pendahuluan : Perawat memiliki tempat penting dalam layanan kesehatan, Peran perawat sangat penting dalam suatu rumah sakit karena perawat merupakan ujung tombak bagi rumah sakit. Perawat merupakan tenaga paling lama melakukan kontak atau berhubungan dengan pasien yaitu selama 24 jam.
Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan kerja
dan komitmen organisasional dengan kinerja perawat.
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantiatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah perawat BLUD RSUD Salatiga yang berjumlah 65 orang, dimana keseluruhan populasi digunakan sebagai responden. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS.
Hasil : Kemampuan kerja mempunyai hubungan positif dengan kinerja perawat. Komitmen organisasi mempunyai hubungan positif dengan kinerja perawat. Kemampuan kerja dan komitmen organisasi mempunyai hubungan secara bersama-sama dengan kinerja perawat.
Kata Kunci : kemampuan kerja, komitmen organisasi dan kinerja perawat.