Abstrak


Meme Machine (Sebuah Video Dokumenter Tentang Kemampuan Manusia dalam Replikasi)


Oleh :
Bhima Taragana - D0209018 - Fak. ISIP

SINOPSIS
Manusia merupakan hewan jika dilihat dari sisi biologi, namun manusia begitu berbeda dibandingkan dengan hewan lainnya. Apakah yang membedakkan manusia dengan hewan lainnya? Hal yang membedakan manusia dengan hewan lainnya adalah meme. Meme, adalah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain. Sebuah istilah yang dikoinkan oleh Richard Dawkins pada buku The Selfish Gene (1976) yang merupakan sebuah konsep yang menjelaskan bagaimana ide dan fenomena sosial dapat menyebar dan berevolusi.
Film dokumenter ini menjelaskan berbagai persamaan dan perbedaan manusia dan hewan tersebut. Dalam film ini Susan Blackmore, peneliti meme asal Inggris, memaparkan bagaimana seorang manusia dapat berevolusi menjadi manusia seperti sekarang ini. Selain itu, dokumenter ini memberikan bahasa sebagai contoh meme yang paling sukses dilihat dari keberagaman dan persebarannya dan memberikan pandangan baru tentang apa itu manusia.
SYNOPSIS
Human are animal if looked upon biology, but human are far too different compared to other animal. What is the difference between human and other animal? The thing that makes human different than animal is meme. Meme is an idea, behavior, or style that spreads from person to person. A word that coined by Richard Dawkins in The Selfis Gene (1976) as a concept that explain how idea and social phenomenon can be spread and be evoluted.
This documentary film explain many things about equation and differenciation between human and animal. In this documentary Susan Blackmore, an English memetics researcher, how human could be evoluted became modern day human. Besides, this documentary featuring language as the most success meme example looked upon diversity and spreadness and give a new perspective about what actually human is.