Abstrak


Pengelolaan Zakat di Baittuzzakah Pertamina Refinery Unit IV Cilacap


Oleh :
Nurani Istiqomah - F1313072 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengelolaan zakat yang dilakukan oleh Baittuzzakah Pertamina (BAZMA) Refinery Unit (RU) IV Cilacap.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Yaitu peneliti terlibat langsung dan mengamati bagaimana proses pengelolaan zakat, dimana obyek dalam penelitian ini adalah BAZMA RU IV Cilacap. Proses pengumpulan data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif.
Sesuai dengan temuan, hasil penelitian ini menemukan bahwa BAZMA RU IV Cilacap melakukan pengumpulan zakat dari surat kuasa yang diisi oleh para pekerja Pertamina RU IV Cilacap. Dan mendistribusikannya kepada mustahik sesuai dengan syariat islam, kepada delapan Asnaf yang disesuaikan dengan program- program yang telah dibuat di wilayah sekitar kilang Pertamina RU IV khususnya wilayah Cilacap. serta melaporkan hasil kegiatannya setiap tahunnya kepada setiap Muzzaki yang menyalurkan zakatnya ke BAZMA, BAZMA Pusat, Dewan Pembina, dan Tim Manajemen.
Kata kunci : Pengelolaan zakat, Akuntabilitas